Monday, April 11, 2016

Program Magang Digital Pikiran Rakyat


BANDUNG, TEL-U, 11 April 2016. Pikiran Rakyat membuat program magang terbaru, yaitu magang digital.

Apa itu magang digital? Magang digital adalah, proses pra-kerja yang tidak lagi menggunakan media konvensional sepenuhnya, akan tetapi juga menggunakan media-media digital seperti ; Internet, media sosial, maupun video online.

Dari segi prosedur untuk pengajuan magang pun sudah bukan lagi per mahasiswa/i. Akan tetapi langsung dari membentuk tim yang beranggotakan 5 mahasiswa/i atas rekomendasi dari dosen. Dan


membawa surat delegasi magang dari kampus. Dan juga magang ini hanya ditujukkan untuk mahasiswa/i prodi Ilmu Komunikasi konsentrasi broadcasting 2013 saja

Jadi, tim magang yang sudah dibentuk yang melakukan proses magang di Pikiran Rakyat tidak hanya berfokus di media konvensional. Akan tetapi mereka juga akan melakukan kegiatan magang menggunakan media media digital seperti ; internet (website Pikiran Rakyat), Media Sosial (Media Sosial Pikiran Rakyat), dan lain sebagainya.

Mengenai publikasi selama magang dari tim magang yaitu sepenuhnya menggunakan nama Pikiran Rakyat. Ketika tim tersebut membuat suatu tulisan feature di koran, maka itu akan masuk di dalam koran Pikiran Rakyat. Ketika tim tersebut membuat sebuah video maka akan masuk di website Pikiran Rakyat. Serta ketika tim tersebut membuat sosial media, maka menggunakan sosial media Pikiran Rakyat. Yang menjadi tanggungan sendiri adalah dari individunya hanyalah penuturan kata-kata yang akan dipublikasikan.

Ada pun yang menjadikan perbedaan antara magang digital dan magang biasa. Magang digital berbasiskan tim sedangkan magang biasa berbasiskan individual. Selanjutnya di dalam magang digital suatu tim magang akan memproduksi suatu artikel ataupun liputan mengenai hal tertentu atas nama Pikiran Rakyat yang hasilnya akan di publish langsung di media-media yang ada di Pikiran Rakyat.

Singkatnya, seperti itulah beberapa pembaharuan mengenai magang yang ada di Pikiran Rakyat. Lebih luas untuk ruang lingkup magangnya. Tidak hanya di bidang media cetak konvensional, akan tetapi hingga ke platforms digital lainnya.

Sudah jelas kegiatan magang digital lebih banyak manfaatnya dibandingkan dengan magang konvensional. Yuk ah magang digital. Agar pengalaman yang didapat tidak hanya satu atau dua hal, akan tetapi berbagai macam pengalaman pra-kerja yang didapat. (RIN)

0 comments:

Post a Comment